Fungsi Lemari Asam Atau Fume Hood

Spesifikasi Lemari Asam

Fungsi lemari asam yang paling penting adalah pembuangan udara limbah. Di laboratorium kimia, akan ada banyak jenis zat termasuk gas yang berbahaya, bau, kelembaban, zat yang mudah terbakar, bahan peledak dan korosif yang terjadi selama operasi kimia. Untuk melindungi operator dan mencegah polutan selama pengujian dari perluasan di laboratorium, lemari asam harus digunakan di dekat sumber polutan.

Tujuan yang paling penting adalah untuk membuang gas berbahaya selama percobaan dan melindungi kesehatan operator. Itu berarti perlu memiliki keamanan dan pengoperasian yang ekstrim.

Detail Mengenai Spesifikasi Lemari Asam Lihat Disini

Konsultasikan Kebutuhan Anda Kepada Kami

Dapatkan Harga dan Kualitas Terbaik

Fungsi Yang Harus Ada di Lemari Asam

Fungsi Pelepasan

Lemari asam harus dilengkapi dengan fungsi melepaskan sehingga gas berbahaya yang muncul di lemari asam dapat ditipiskan dan dibuang ke luar ruangan dengan cara menyerap gas di luar kabinet.

Fungsi Mencegah Udara Balik

Fungsi lemari asam yang benar adalah untuk mencegah udara berbahaya mengalir balik ke ruangan dari dalam lemari asam. Cara terbaik untuk memastikan fungsi ini adalah dengan menghubungkan satu lemari asam dengan kipas ventilasi dengan satu pipa. Jika tidak dapat menggunakan pipa tunggal, koneksi paralel hanya cocok untuk pipa di ruang yang sama dan di lantai yang sama. Lebih baik memasang kipas ventilasi di ujung pipa.

Fungsi Isolasi

Isolasi bagian dalam dan luar lemari asam dengan jendela kaca yang tidak dapat dipindahkan di depan lemari asam. Selain itu, masih ada fungsi tambahan yaitu harus ada koridor untuk lemari asam untuk menyerap udara dari luar atau perangkat pengganti ketika udara limbah dibuang.

Fungsi Mengontrol Kecepatan Angin

Untuk mencegah gas berbahaya keluar dari lemari asam, perlu sedikit kecepatan hisap. Unsur-unsur yang menentukan kecepatan hisap untuk lemari asam saat inletting air adalah hubungan antara panas yang dihasilkan untuk item tes dan waktu perubahan udara. Hal ini adalah fungsi paling penting untuk barang uji dan properti zat berbahaya.

Secara umum ditetapkan bahwa kecepatan polutan berbahaya adalah 0,25 ~ 0,38 m / dtk. Polutan berbahaya dengan racun dan bahaya adalah 0.4 ~ 0.5m / s. Ini 0,5 ~ 0,6 m / s untuk polutan dengan racun kuat atau dengan sedikit radioaktivitas. Itu 0,5 m / s untuk bahan gas yang 1 m / s untuk partikel seperti peluru.

Untuk memastikan kecepatan angin seperti itu, kipas perlu memiliki tekanan statis yang sudah ditentukan. Kita juga perlu memperhatikan masalah kebisingan ketika mengkonfirmasi kecepatan angin. Nilai batas adalah 70dBA untuk tingkat kebisingan latar belakang di laboratorium.

Meningkatkan luas penampang pipa akan mengurangi kecepatan angin dan menurunkan kebisingan. Kekuatan pipa dan exhaust fan perlu dipilih dengan hati-hati mengingat biaya pipa dan masalah konstruksi.

Fungsi Tahan Panas dan Asam

Untuk menguji fungsi lemari asam, terkadang perlu menempatkan kompor listrik di lemari asam. Jika ada hal yang tidak beres maka akan ada gas berbahaya korosif yang sangat kuat yang muncul selama beberapa pengujian. Rak bagian atas lemari asam, panel pemandu, pengatur air dan gas semuanya harus menggunakan properti dengan ketahanan kimia yang baik.

Karena fungsinya yang sangat penting maka keberadaan lemari asam tidak boleh sembarang, begitu pula dengan pembuatan dan pemasangannya. Maka dari itu, Anda harus selalu memilih produsen terpercaya sebelum membuat lemari asam. Konsultasikan terlebih dahulu mengenai poin-poin penting aktivitas laboratorium Anda sebelum melakukan pemesanan dan pemasangan.