Laminar Air Flow Adalah

Laminar Air Flow Adalah

Laminar Air Flow Adalah termasuk meja kerja steril dan meja tersebut digunakan untuk kegiatan penanaman. Laminar Air Flow atau LAF juga termasuk alat untuk pekerjaan penanaman, pemindahan tanaman dan persiapan bahan tanaman yang akan digunakan.

Diberi nama Laminar Air Flow karena bekerja dengan meniup udara yang sudah steril secara terus menerus atau continue melalui tempat kerja. Dengan begitu tempat kerja akan bebas dari spora dan debu yang kemungkinan bisa jatuh ke dalam media atau saat pelaksanaan penanaman.

Di Indonesia saat ini sudah ada pabrikan Laminar Air Flow lokal dengan banyak keunggulan pada setiap produknya. Biasanya setiap pabrik juga menyediakan peralatan lain untuk kebutuhan laboratorium.

Laminar Air Flow Adalah

Laminar Air Flow

LAF atau Laminar Air Flow ini biasa digunakan sebagai ruangan pengerjaan yang dilakukan secara eseptis. Prinsipnya sesuai aliran udara yang keluar bersamaan dengan adanya kontaminasi udara yang dapat diminimalkan.

Laminar Air Flow juga memiliki fungsi yang hampir sama dengan BSC atau Biosafety Cabinet. Dalam alat Laminar Air Flow ini terdapat 2 macam filter yang disediakan. Seperti:

  • Pre-filter
  • HEPA filter

Pre-filter ini menggunakan saringan pertama untuk menyaring debu atau benda kasar. Memiliki pori-pori ukuran 5mm dan membuatnya lebih efisien karena dapat mencapai 95mm untuk objek dengan ukuran kurang dari 5mm.

Sedangkan HEPA filter memiliki pori-pori dengan ukuran 0.3mm, berada di bidang untuk keluar udara yang menuju permukaan atau tempat kerja. Untuk Pre-filter sendiri harus sering dibersihkan atau ganti 1 kali dalam setahun.

Cek Deskripsi Lebih Lanjut Laminar Airflow 

Pemesanan Laminar Air Flow

pembuat furniture laboratorium

Alat Dalam Laminar Air Flow

Untuk alat-alat yang dimasukkan dalam Laminar Air Flow sendiri mulai dari bacti cinerator, wadah alkohol, pinset, gunting, scalpel dan jarum. Petri-dish steril, discetingmicroscope, kertas tissue atau kapas dan sprayer dengan isi alkohol sebanyak 70%.

Laminar Air Flow Adalah alat yang termasuk dalam BSC yang dapat bermanfaat untuk bekerja dengan cara aseptis. Karena memiliki pola penyaringan udara dan pola pengaturan yang dapat membuat udara menjadi steril dan aplikasi sinar UV bisa digunakan sebelum beberapa jam.

Sedangkan untuk hal yang perlu diperhatikan, jangan meletakkan lampu Bunsen dengan filter atau alkohol terlalu dekat. Sebisa mungkin jangan menumpuk botol media, alat dan benda lainnya di depan tempat kerja. Karena tumpukan tersebut dapat menghalangi jalan atau aliran udara.

Jangan celupkan tanaman alat tanam saat api sedang menyala dalam alkohol. Jangan mendekati lampu Bunsen setelah tangan disemprot spiritus atau alkohol.

Baca Juga : Bio Safety Cabinet Berkualitas 

Cara Kerja Laminar Air Flow

Untuk cara kerja alat ini dengan menggunakan spray chamber yang sudah diberikan alkohol sebanyak 70% atau secukupnya terlebih dahulu. Kemudian hidupkan lampu UV selama 20.

Setelah lampu UV menyala selama 20 menit, matikan dan hidupkan TL lampu. Hidupkan juga Exhaust menggunakan timer, gunakan skala penuh supaya daya hisab atau dorong nya menjadi lebih sempurna.

Mulai bekerja dengan hati-hati, setelah selesai bekerja matikan exhaust pada posisi off, bersihkan meja kerja dan matikan kembali lampu TL. Hidupkan lagi lampu UV dalam 20 menit supaya chamber Laminar Air Flow dapat steril kembali.

Dengan adanya Laminar Air Flow, filter, alat di dalamnya dan cara kerjanya tentu akan sangat membantu pembelian anda sebelum memutuskan untuk membeli. Sedangkan untuk membelinya dapat menghubungi kami LAB NUSANTARA yang sudah memiliki pengalaman selama 20 tahun dalam bidang peralatan laboratorium. Kami juga melayani pemesanan secara online dan dapat dilakukan pengiriman ke seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *