Pengertian dan Prinsip Kerja Lemari Asam atau Fume Hood

Spesifikasi-Lemari-Asam

Konsultasikan Kebutuhan Anda Kepada Kami

Dapatkan Harga dan Kualitas Terbaik

Mengetahui Prinsip Kerja Lemari Asam Laboratorium

Dalam suatu laboratorium ada banyak peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan proses reaksi ataupun pembelajaran. Peralatan yang cukup dibutuhkan ini salah satunya adalah lemari asam laboratorium ini.

Pengertian Lemari Asam

Mungkin ada beberapa orang yang belum mengetahui lemari yang merupakan peralatan ventilasi lokal yang didesain secara khusus dengan tujuan untuk mengurangi paparan dari gas yang cukup berbahaya, uap beracun, ataupun debu. Secara umum, lemari asam ini merupakan peralatan laboratorium yang memiliki ukuran cukup besar dengan cabinet bawah sebagai penahan atau meja. Di laboratorium sendiri ada beberapa peralatan lokal ventilasi yang biasa dipakai. Beberapa di antaranya yaitu ada cabinet udara bersih, kotak inokulasi, dan biosafety cabinet. Peralatan-peralatan tersebut semuanya merupakan peralatan yang cukup berperan dalam mengontrol pengaruh udara yang berbahaya, baik itu untuk personil, bahan penelitian, dan juga peralatan laboratorium itu sendiri.

Lihat Spesifikasi Detail Tentang Lemari Asam Disini

Fungsi Lemari Asam

Lemari asam memiliki fungsi yang cukup penting dalam suatu laboratorium., Dalam suatu laboratorium, lemari asam ini berfungsi untuk melindungi personil dari suatu bahaya yang cukup mengancam yaitu terhirup nya suatu gas yang beracun selama proses pengujian, riset, ataupun pembelajaran yang mungkin secara sengaja dilakukan di laboratorium.

Prinsip Kerja Lemari Asam Laboratorium

Terdapat dua jenis lemari asam yaitu lemari ducting dan juga lemari ductless atau tanpa ducting. Kedua jenis ini memiliki Prinsip Kerja Lemari Asam Laboratorium yang hampir sama. Prinsip Kerja Lemari Asam Laboratorium ini sendiri ada beberapa langkah. Pertama udara dihisap dari depan pintu lemari asam. Setelah itu dikeluarkan oleh blower hisap. Prinsip Kerja Lemari Asam Laboratorium ini kemudian menuju keluar dari gudang atau bahan penyaring. Lemari asam ini pada bagian depannya bisa dibuka. Oleh karena itu, udara yang ada dalam ruang proses lemari asam berpotensi akan bercampur dengan udara di ruangan laboratorium. Agar bisa menghindari hal-hal yang demikian itu, maka aliran udara yang baik merupakan titik kunci dari sebuah peralatan laboratorium berupa lemari asam ini. Lemari asam memiliki desain dan prinsip kerja yang difokuskan untuk menghindari bahaya dari terjadinya percampuran udara di lemari asam dengan yang ada di ruang laboratorium itu sendiri.

Desain dari Lemari Asam

Lemari asam memiliki beberapa bagian, yaitu rangka atau bodi, lapisan dalam lemari asam, counter top atau meja kerja lemari asam, dan juga fitur pengaturan yang ada pada lemari asam. Untuk rangka atau bodi dari lemari asam ini pada awalnya lebih banyak dibuat dari bahan kayu. Namun kemudian sejak tahun 70-an hingga 80-an, secara perlahan bahan untuk pembuatan alat ini mulai digantikan dengan bahan pelat di mana dilapisi dengan bubuk epoxy yang sudah banyak dipakai. Setelah itu pada tahun 90-an muncul lagi bahan lain yaitu bahan phenolic resin. Bahan phenolic resin ini merupakan bahan plastik laminasi dan serat kayu yang mampu tahan terhadap bahan kimia dan juga panas api. Ukuran dari lemari asam ini secara umum terbagi menjadi 5 ukuran lebar yaitu 1.000 mm, 1.200 mm, 1.500 mm. 1.800 mm, dan juga 2.000 mm. Kedalamannya sendiri bervariasi yaitu mulai dari 700 mm sampai dengan 900 mm. Untuk ukuran tingginya tersedia mulai dari 1.900 mm sampai dengan 2.700 mm. Pada bagian depan lemari ini terdapat pintu yang bisa ditarik ke bawah dan juga ke atas yang disebut juga dengan sash window. Pintu ini menggunakan kaca yang cukup memudahkan para laboran untuk bisa melihat ke dalam ruang operasi dari lemari asam.

 

Informasi Mengenai Lemari Asam fume hood

Terdapat banyak hal yang berkaitan dengan laboratorium yang perlu untuk dimiliki suatu laboratorium. Dengan pemenuhan kebutuhan tersebut, maka suatu aktivitas di laboratorium akan bisa berjalan dengan sebagaimana mestinya. Berkaitan dengan kebutuhan ini, ada satu peralatan yang juga penting untuk ada di laboratorium yaitu lemari asam robust.

Pengertian Lemari Asam fume hood

Perlu orang-orang ketahui bahwa lemari asam fume hood merupakan salah satu peralatan laboratorium yang biasa digunakan di laboratorium umum ataupun sekolah. Lemari asam yang satu ini sangat dibutuhkan untuk menjadi sarana pendukung di laboratorium, baik itu laboratorium umum ataupun laboratorium sekolah.

Fungsi dan Manfaat dari Lemari Asam Ini

Lemari asam yang biasa digunakan di laboratorium ini memiliki fungsi untuk pereaksian bahan kimia. Penggunaan lemari ini biasanya adalah saat melakukan proses reaksi bahan kimia yang menggunakan bahan-bahan kimia yang berbahaya ataupun mudah menguap.

Bisa dikatakan juga bahwa lemari asam yang satu ini merupakan tempat untuk pencampuran bahan-bahan kimia yang berbahaya dari suatu bahan atau reagen kimia.

Seorang analis dalam suatu laboratorium tidak jarang akan melakukan suatu percobaan dan juga pengujian bahan-bahan kimia yang cukup berbahaya. Hasil reaksi dari bahan kimia tersebut tidak jarang pula akan menghasilkan suatu uap atau gas yang cukup membahayakan.

Dapatkah Anda bayangkan bagaimana jadinya apabila suatu laboratorium kimia ini tidak dilengkapi dengan lemari asam? Suatu ruangan laboratorium yang tidak dilengkapi dengan lemari asam mungkin saja akan sangat membahayakan. Alasannya karena ruangan laboratorium tersebut kemungkinan akan penuh dengan uap gas yang beracun dan cukup berbahaya.

Di samping itu, tanpa adanya lemari asam yang satu ini kemungkinan orang-orang yang ada di dalamnya cukup berisiko untuk terkena penyakit saluran pernafasan.

Keunikan Lemari Asam fume hood

Saat berada di laboratorium mungkin Anda akan menemukan lemari ini walau mungkin tidak tahu namanya. Lemari ini sendiri memiliki beberapa ciri-ciri yang bisa diketahui. Jika dilihat, lemari ini memiliki pintu yang bisa digerakkan ke atas di mana bisa dikatakan juga bahwa itu merupakan salah satu ciri khas dari lemari asam ini.

Pintu tersebut juga dilengkapi dengan perotasi udara seperti kipas untuk udara atau disebut juga dengan blower. Dengan adanya hal ini pergantian udara yang terjadi pun akan lebih baik dan lebih aman jika dibandingkan dengan yang tidak dilengkapi dengan kipas udara atau blower.

Fungsi dari blower ini sangat penting karena menjadi kunci untuk sirkulasi udara yang sangat penting dalam suatu lemari asam. Lemari ini akan bekerja sebagaimana mestinya karena adanya blower ini.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan

Ada beberapa hal penting berkaitan dengan lemari asam yang satu ini. Jika Anda ingin memiliki lemari asam ini sebaiknya sebelumnya Anda perlu memperhatikan bagaimana efisiensi energinya dan juga konservasi ruang.

Untuk lemari yang satu ini berbeda antara satu dengan lainnya dan perbedaan tersebut disesuaikan dengan setiap kebutuhan. Misalnya saja ada tipe yang khusus untuk mengatasi asam fluorida. Selain itu ada juga lemari asam yang ditanam ataupun menempel di lantai. Untuk jenis yang satu ini biasanya dilakukan untuk pemakaian yang permanen.

Setelah itu ada lagi jenis yang lain yaitu jenis dari perklorat yang memiliki sistem filterisasi air yang baik dan juga stainless steel atau pipa PVC untuk menahan dari paparan asam. Terakhir yaitu ada pula lemari asam yang digunakan untuk mengatasi radioisotope. Contact Us

Konsultasikan Kebutuhan Anda Kepada Kami

Dapatkan Harga dan Kualitas Terbaik