Lemari Asam Laboratorium

Lemari Asam Laboratorium

Memilih lemari asam laboratorium bisa tampak seperti tugas yang berat. Ada begitu banyak tipe untuk  dipilih dan begitu banyak informasi untuk dikumpulkan guna membuat keputusan. Tipe manapun sebenarnya bisa digunakan, hanya saja harus menyesuaikan dengan keadaan serta kebutuhan laboratorium. Guna mempermudah memilih, Anda dapat memasukkan beberapa pertimbangan

Selain itu, Anda juga dapat mencari panduan melalui beberapa pertanyaan yang sering muncul terkait dengan lemari asam. Pertanyaan ini cukup mampu membantu Anda untuk menetapkan kriteria yang diperlukan dalam pemilihan sistem lemari asam. Setelahnya Anda tinggal mencari rekomendasi produk terbaik berdasarkan kriteria tersebut.

Beberapa Pertanyaan Terkait Lemari Asam Laboratorium

 

Apa Saja Aktivitas Di Dalam Lemari Asam?

Cobalah untuk mencari tahu sebanyak mungkin mengenai apa saja bahan kimia yang digunakan serta dan bagaimana mereka digunakan. Kemudian jika bahan kimia tersebut diproses, apakah panas terlibat atau tidak? Selain itu, pemilihan lemari asam juga bisa berdasarkan volume bahan kimia yang akan digunakan pada waktu tertentu.

Penggunaan Perchloric Acid, Hydrofluoric Acid (HF), Radioisotop dan beberapa bahan lain juga bisa menjadi pertimbangan memilih lemari asam. Hal ini dikarenakan tiap bahan membutuhkan spesifikasi lemari asam yang berbeda.

Berapa Ukuran Lemari Asam yang Anda Butuhkan?

Anda harus memperhatikan luas lemari asam yang bisa ditampung di dalam laboratorium Anda. Ada beberapa perusahaan yang menyediakan pilihan ukuran lemari asam. Atau jika laboratorium Anda memiliki luas yang terbatas, Anda dapat mengkonsultasikan mengenai ukuran yang sesuai dan membuat lemari custom.

Apakah Anda Memerlukan Pelengkap Lain di Dalam Lemari Asam Laboratorium?

Pelengkap yang dimaksud adalah pemantau aliran udara, outlet listrik, perlengkapan vakum dan masih banyak lagi. Semakin banyak pelengkap yang Anda butuhkan, maka lebih baik Anda memesan lemari asam khusus. Beberapa perusahaan besar melayani pembuatan lemari asam yang bisa dipesan khusus sesuai dengan kebutuhan Anda.

Bagaimana Dengan Pelengkap di Luar Lemari Asam?

Apakah Anda membutuhkan permukaan dan dasar lemari yang luas untuk bekerja? Apakah Anda akan menggunakan casework yang ada untuk mendukung fungsi fume-hood? Kemudian Anda juga ada dapat mempertimbangkan bahan seperti apa yang akan disimpan di dalam lemari asam, apakah bahan yang bersifat asam, pelarut atau non-kimia.

Bagaimana Lemari Asam Bekerja?

Setiap lemari asam membutuhkan blower. Apakah akan ada blower khusus (exhaust fan) untuk kap mesin ini, atau akan terhubung ke sistem pembuangan pusat? Jika terhubung ke sistem pusat, apakah itu volume konstan atau volume udara variabel?

Bagaimana Tata Letak Salurannya?

Akankah saluran langsung menuju ke atap, atau apakah perlu membuat beberapa belokan sebelum mencapai atap? Berapa diameter saluran yang akan digunakan? Hal ini tentunya juga harus disesuaikan dengan letak laboratorium. Saluran pembuangan harus diperhatikan agar uap dan sisa proses kimia yang dihasilkan di dalam lemari asam tidak mencemari lingkungan di dekat saluran pembuangan.

Sebenarnya masih banyak pertanyaan lain yang bisa membantu Anda menentukan lemari asam laboratorium yang cocok untuk digunakan. Jika Anda masih ragu dengan panduan yang Anda dapatkan, Anda dapat langsung berkonsultasi dengan perusahaan yang akan membuat lemari asam tersebut. Mereka akan memberikan gambaran yang lebih jelas tentang kebutuhan lemari asam Anda.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, Anda harus selalu menggunakan jasa perusahaan yang sudah terpercaya. Perhatikan rekam jejak mereka sebelum memilih untuk  bekerja sama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *