Anggaran Pembuatan Laboratorium

Anggaran Pembuatan Laboratorium

Dalam sebuah rencana pengadaan fasilitas laboratorium diperlukan adanya anggaran pembuatan laboratorium. Laboratorium merupakan suatu ruang yang digunakan untuk melakukan suatu praktek pembelajaran, percobaan ilmiah, penelitian, atau tempat pembuatan obat-obatan dan bahan kimia. Pada pembelajaran kimia dan ilmu sains lainnya, laboratorium memiliki peran yang penting.

Sebelum melakukan pembangunan, sebaiknya ditentukan terlebih dahulu untuk apa dan oleh siapa laboratorium tersebut akan digunakan. Untuk laboratorium kimia tentunya memiliki peralatan yang berbeda dengan ilmu sains lainnya.

Jenis laboratorium berbeda-beda, biasanya pembangunan laboratorium disesuaikan dengan bidang apa yang akan menggunakan laboratorium tersebut. Laboratorium selalu dilengkapi dengan peralatan dan bahan-bahan yang digunakan untuk metode pembelajaran praktek, percobaan ilmiah, penelitian, atau untuk pembuatan obat-obatan dan bahan-bahan kimia tertentu.

Dalam sebuah pembangunan laboratorium dibutuhkan anggaran yang tepat agar pembangunan dapat berjalan dengan lancar.

Langkah dalam Pembangunan Laboratorium

Pentingnya Anggaran Pembuatan Laboratorium

Laboratorium dapat berjalan dengan lancar, salah satu tergantung pada besarnya anggaran yang dikeluarkan untuk pembangunannya. Anggaran merupakan suatu proses yang meliputi perencanaan yang sistematik untuk suatu kegiatan demi menekan besarnya biaya yang dikeluarkan.

Hal paling mendasar yang membutuhkan dana lebih yaitu mengenai pengadaan alat-alat yang harus ada di dalam laboratorium. Setiap bidang sains membutuhkan peralatan laboratorium yang berbeda. Pengusulan kebutuhan alat-alat di dalam laboratorium sebaiknya dibuat dalam bentuk format pemesanan yang mencantumkan nama peralatan yang digunakan.

Agar memudahkan dalam pemeriksaan alat dan bahan di laboratorium maka perlu dilakuakn investarisasi yang sistematik. Inventarisasi dapat dibuat secara manual menggunakan buku maupun menggunakan komputer.

Dalam inventarisasi mencakup kode, nama, spesifikasi, sumber pengadaan, tahun pengadaan, jumlah, serta kondisi dari alat dan bahan tersebut.

Penyusunan anggaran pembuatan laboratorium akan memudahkan manajemen dalam melakukan perencanaan ke depannya dengan mengkomunikasikan rencana dan tujuan yang akan dicapai pada periode anggaran kepada semua divisi dan karyawan.

Selain sebagai rencana operasi, anggaran juga diperlukan untuk mengalokasikan sumber daya, mengkoordinasikan semua aktivitas operasi, memotorisasi, dan mengarahkan semua perencanaan.

Dalam sebuah anggaran, manajemen perlu melihat ke depan dalam menilai situasi yang akan terjadi yang berhubungan dengan rencana perusahaan.

Keamanan dan Keselamatan yang Diperlukan Laboratorium

Sebuah laboratorium memiliki tingkat keamanan yang berdasarkan fitur yang ada di dalamnya. Keamanan sebuah ruang laboratorium sebaiknya juga dimasukkan ke dalam anggaran pembuatan laboratorium. Untuk sebuah laboratorium ada tiga tingkatan keamanan yang harus dimiliki.

Tingkat keamanan 1 pada laboratorium memiliki risiko yang rendah terhadap bahan kimia, biologis, dan radioaktif. Juga kegiatan yang merugikan seperti pencurian, tindakan membahayakan lainnya, serta sabotase yang bisa terjadi di dalam laboratorium. Ini merupakan tingkat keamanan yang paling mendasar dari sebuah laboratorium.

Tingkat keamanan 2 atau menengah, memiliki risiko menengah yaitu risiko dari bahaya bahan kimia. Dampak ini tergolong membahayakan bagi untuk tubuh seseorang. Sehingga di laboratorium tingkat 2 ini sebaiknya Anda menggunakan jas laboratorium dan menutup seluruh tubuh Anda hingga ke kaki.

Tingkah keamanan 3, di tingkat ini laboratorium memiliki risiko yang lebih serius dibandingkan risiko dibawahnya yang lain. Di laboratorium ini terdapat bahan-bahan yang dapat disalahgunakan untuk mengancam seseorangĀ  dan peralatan tersebut lebih berbahaya.

Itulah mengenai anggaran pembuatan laboratorium. Pembuatan laboratorium memiliki anggaran tersendiri yang berbeda untuk masing-masing bidang sainsnya. Penganggaran ini sangat penting untuk mengestimasi dan menentukan biaua yang akan dikeluarkan dalam pembangunan tersebut.

Jika akan membangun sebuah ruang laboratorium hendaknya juga menyertakan pengamanan yang ketat agar tidak menyebabkan suatu yang membahayakan bagi penggunanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *